Kenaikan nilai valuasi itu seiring peningkatan peringkat Detik.com di dunia, pada 2016 Detik.com berada di urutan 156 di dunia, naik dibanding 2015 di peringkat 267 di dunia, dari sekitar 30 juta website secara gobal. Sekitar 94,7% traffic berasal dari Indonesia, dan skor search engine optimization (SEO) 77%.
Di peringkat kedua perusahaan online termahal, Kaskus.co.id dengan nilai valuasi US$ 19.403.852 (atau setara Rp 252.2 miliar dengan kurs Rp 13.000/US$) pada 2016, naik dibanding valuasi pada 2015 sebesar US$ 17.808.931 (setara Rp 252,3 miliar dengan kurs Rp 14.170/US$). Meski nilai valuasi dalam dolar Amerika Serikat naik, peringkat Kaskus.co.id di dunia sedikit turun menjadi ranking 314 dunia pada 2016 dibanding tahun sebelumnya yang menempati ranking 304 dunia. Sekitar 93,9% traffic kaskus.co.id berasal dari Indonesia, dengan skor SEO 87%.
Kejutan luarbiasa terjadi di posisi ketiga. Terjadi perubahan drastis, dari sebelumnya menduduki posisi 10 pada 2015, Tribunnews.com, portal berita milik Grup Kompas, berhasil menyodok langsung ke posisi ketiga perusahaan berbasis online termahal di Indonesia. Tribunnews.com memiliki nilai valuasi pada 2016 sebesar US$ 18.980.423 (atau setara Rp 246,7 miliar dengan kurs Rp 13.000/US$), meningkat sangat signifikan dibanding 2015 sebesar US$ 1.619.162 (atau setara Rp 22,9 miliar dengan kurs Rp 14.170/US$). Secara global, peringkat Tribunnews.com juga meroket menjadi posisi 215 dunia pada 2016, dari posisi 2015 di ranking 1.277 dunia, ditopang traffic 93,4% dari Indonesia dan skor SEO sebesar 65%. Selain itu, Tribunnews.com juga mengalahkan peringkat dunia Kaskus.co.id, meski secara nilai valuasi masih lebih rendah.
Urutan keempat diduduki portal berita dari Emtek Group, yakni Liputan6.com, dengan valuasi pada 2016 sebesar US$ 18.780.593 (atau setara Rp 244 miliar), naik signifikan dibanding 2015 yang hanya sebesar US$ 10.934.744 (atau setara Rp 154,9 miliar dengan kurs Rp 14.170/US$). Liputan6.com pada 2016 menduduki ranking 293 dunia, meningkat pesat dibanding tahun sebelumnya di urutan 450 dunia yang ditopang traffic 94,3% dari Indonesia. Skor SEO untuk Liputan6.com sebesar 79%. Liputan6.com menggeser peringkat Kompas.com yang sebelumnya menduduki peringkat keempat.
Kompas.com berada di posisi kelima dengan nilai valuasi 2016 sebesar US$ 14.505.115 (atau setara Rp 188,5 miliar dengan kurs Rp 13.000/US$), naik dibanding tahun sebelumnya sebesar US$ 13.643.062 (atau setara Rp 193,3 miliar dengan kurs Rp 14.170/US$). Kompas.com menduduki ranking 360 dunia pada tahun ini, meningkat dibanding peringkat 402 dunia pada 2015, dengan ditopang traffic 91,6% dari Indonesia. Skor SEO Kompas.com 75%.
Dominasi E-commerce
Di posisi keenam, situs e-commerce marketplace Bukalapak.com memiliki valuasi pada 2016 sebesar US$ 11.616.148 (atau setara dengan Rp 151 miliar dengan kurs Rp 13.000/US$), atau naik tajam dibanding valuasi pada 2015 sebesar US$ 7.443.979 (atau setara Rp 105,4 miliar dengan kurs Rp 14.170/US$). Bukalapak.com menduduki ranking 383 dunia pada 2016, meningkat dari posisi 472 dunia pada 2015, yang ditopang traffic 96,8% dari Indonesia. Skor SEO untuk marketplace ini tergolong standar, sebesar 65%.
Ketujuh, situs e-commerce marketplace Tokopedia.com memiliki valuasi nilai pada 2016 sebesar US$ 9.194.011 (atau setara dengan Rp 119,5 miliar dengan kurs Rp 13.000/US$), naik dari valuasi 2015 sebesar US$ 2.087.511 (atau setara Rp 29,5 miliar dengan kurs Rp 14.170/US$). Peringkat secara global Tokopedia.com juga naik tajam menjadi ranking 451 dunia pada 2016 dari ranking 713 dunia pada 2015. Tokopedia.com ditopang traffic 96,8% dari Indonesia. Skor SEO untuk marketplace ini sebesar 69%. Posisi Tokopedia.com menanjak ke urutan keenam di Indonesia menggeser Lazada.co.id dan Olx.co.id.
Kedelapan, e-commerce yang semula tenar dengan nama Tokobagus.com kemudian berubah menjadi Olx.co.id, dengan valuasi nilai pada 2016 sebesar US$ 2.116.520 (atau setara Rp 27,5 miliar), turun tipis dibanding 2015 dengan nilai valuasi US$ 2.167.954 (atau setara Rp 30,7 miliar dengan kurs Rp 14.170/US$). Secara global, peringkat Olx.co.id juga cenderung turun pada 2016 menjadi urutan 1.236 dunia, dibanding posisi pada 2015 di ranking 1.081 dunia. Traffic Olx.co.id berasal 94,9% dari Indonesia dengan skor SEO sebesar 76%.
Lazada.co.id berada di posisi kesembilan dengan valuasi nilai pada 2016 sebesar US$ 1.788.326 (atau setara Rp 23,2 miliar), turun dibanding nilai valuasi pada 2015 sebesar US$ 3.782.512 (atau setara Rp 53,5 miliar dengan kurs Rp 14.170/US$). Secara global, Lazada.co.id berada di ranking 991 dunia pada 2016, anjlok dibanding peringkat pada 2015 yakni urutan 639 dunia. Lazada.co.id ditopang traffic 96,1% dari Indonesia. Skor SEO untuk website ini juga turun dari sebesar 74% pada 2015 menjadi hanya 62% pada 2016.
Kesepuluh, portal berita besutan Grup Bakrie, Viva.co.id, memiliki valuasi nilai pada 2016 sebesar US$ 1.490.362 (atau setara Rp 19,37 miliar dengan kurs Rp 13.000/US$), lebih rendah dibanding nilai valuasi pada 2015 sebesar US$ 1.863.413 (atau setara Rp 26,4 miliar dengan kurs Rp 14.170/US$). Secara global, peringkat Viva.co.id juga melemah ke posisi 2.357 dunia pada 2016 dibanding posisi pada 2015 di ranking 1.194 dunia. Viva.co.id ditopang traffic 95,6% dari Indonesia dengan skor SEO sebesar 64%.
Konsep Baru
Di tengah hiruk pikuk persaingan e-commerce yang makin ketat, Desainbagus.com sebagai salah satu creative digital agency terdepan di Indonesia ikut mendukung pertumbuhan bisnis berbasis online di Indonesia. Menyadari pesatnya bisnis e-commerce di Indonesia, Desainbagus.com menawarkan konsep dan pendekatan baru bagi pebisnis di industri ini.
Desainbagus.com mengusung konsep targeting experience bagi pebisnis online dengan memfokuskan perhatian terhadap target (sasaran/goal) dari pebisnis online. Dengan pengalaman dan line-up tool yang lengkap, konsep baru ini memudahkan pebisnis online untuk mencapai target dalam waktu singkat. Secara praktis, pebisnis online tinggal mengutarakan target yang diinginkan, sementara Desainbagus.com akan bekerja dari mulai ide, strategi, sarana dan alat kelengkapan (tools), analisis dan riset persaingan, hingga evaluasi hasil.
“Konsep baru ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi bagi pebisnis online ataupun pendatang baru untuk menjawab tantangan yang makin ketat,” kata CEO Desain Bagus Group Caturama Aritsyah.
Dengan dukungan kompetensi yang mumpuni dari pembuatan desain, web dan aplikasi, programming, scripting, hingga web maintenance, SEO, copywriting, competitor analysis, social media management dan viral apps, hingga branding strategy, konsep baru ini mampu membawa industri berbasis online ke level baru yang lebih tinggi. Hal itu juga tentu didukung dengan berbagai keunggulan seperti low cost, desain unik dan berkualitas, serta costumer friendly.
Sejak 2011, Desainbagus.com telah dipercaya ribuan costumer mulai dari perusahaan skala besar, menengah, hingga industri kecil. Sebut saja, PT Bank Dinar Indonesia Tbk (DNAR), PT Hexa Eka Life Insurance, PT Megapolitan Development Tbk (EMDE), PT Argo Selaras, PT Synergi Dinamik Jaya, PT Kombat Excelindo, PT Dyas Mitra Selaras, PT Nadiso Ridean Teknologi, hingga brand terkemuka seperti Kusuka dan Catylac.
Dengan sumber daya muda dan berdaya juang tinggi, desainbagus.com berambisi ikut memajukan bisnis e-commerce di Indonesia. Hingga semester I 2015, total jumlah website dan aplikasi online yang telah dikembangkan Desain Bagus Group mencapai 1.100, naik dua kali lipat dibanding periode yang sama tahun lalu. Kontrak pembuatan aplikasi online juga datang dari korporasi besar dari sektor asuransi, farmasi, perbankan, telekomunikasi, sekuritas, media, agroindustri, dan lainnya.
Begitu juga dengan kinerja finansial Desain Bagus Group. Pertumbuhan permintaan mendorong kenaikan pendapatan dan profitabilitas, sekaligus meningkatkan nilai tambah bagi pemegang saham dan karyawan. Nilai tambah itu berupa pembagian dividen dari laba bersih perusahaan yang dibagikan pada Juli 2013. Bahkan, pada akhir Maret 2014, Desain Bagus Group mampu memberikan dividen kedua bagi pemegang saham yang meningkat dibanding dividen pada 2013, sekitar 30% dari laba bersih perusahaan.
“Dengan strategi yang tepat dan terarah, Desain Bagus Group akan terus berekspansi dan menumbuhkan kreativitas untuk menciptakan kinerja yang efisien dan berkesinambungan,” kata CEO Desain Bagus Group Caturama Aritsyah. Untuk mengembangkan bisnis ke depan, Desain Bagus Group membuka peluang untuk kerjasama menguntungkan dengan mitra strategis untuk menangkap peluang pertumbuhan lebih pesat. Desain Bagus Group juga memiliki rencana jangka panjang yakni go public dalam 10 tahun mendatang.(*)
Sumber: di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar