Senin, 10 Mei 2021

Telkomsel dan XL Pilih Strategi Pertumbuhan Berbeda di 2021

Duniaindustri.com (Mei 2021) – Dua operator seluler, yakni PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT XL Axiata Tbk, memilih strategi pertumbuhan yang berbeda di tahun ini. Telkomsel melanjutkan strategi investasi ke Gojek senilai US$ 300 juta, sementara XL memperkuat customer experience dengan menggandeng sejumlah vendor.


 

Telkomsel memutuskan untuk melanjutkan implementasi strategis investasi di PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) mencapai US$ 300 juta dalam upaya mendorong integrasi ekosistem kedua perusahaan untuk memberikan nilai tambah bagi pelanggan dan mitra.

Menurut Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro, Telkomsel bersama Gojek memperkuat sinergi melalui keputusan investasi lanjutan dari Telkomsel ke Gojek senilai USD300 juta. Keputusan investasi lanjutan ini juga menjadi momentum baru untuk menghadirkan lebih banyak solusi yang mampu mengembangkan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan.

"Investasi lanjutan dari Telkomsel menjadi penegas kesamaan visi dari kedua perusahaan yang sama-sama lahir dan berkembang untuk menjawab masalah nyata di tengah masyarakat melalui inovasi digital dan teknologi. Telkomsel menatap optimistis upaya penanaman modal terbaru ini akan membuka lebih banyak peluang bagi masyarakat untuk melihat dan menikmati lebih banyak inovasi berbasis teknologi terdepan karya anak bangsa," ujar Setyanto dalam siaran pers di Jakarta, Senin (10/5).

Setyanto menyebutkan, aksi korporasi Telkomsel ini sejalan dengan peran perusahaan sebagai leading digital telco company dalam membuka lebih banyak peluang bagi seluruh lapisan masyarakat untuk mendapatkan akses akan platform daring yang lebih dekat, customer-centric dan berdampak positif bagi kehidupan.

Lebih lanjut dia menyebutkan, baik Telkomsel maupun Gojek memaknai investasi lanjutan ini sebagai momentum untuk memperkuat dan memperdalam kolaborasi dalam menghadirkan layanan digital komprehensif, serta melahirkan lebih banyak solusi inovatif. Kedua perusahaan akan terus mendorong pemanfaatan teknologi terdepan secara lebih dalam di setiap aspek kehidupan dari seluruh lapisan masyarakat.

Dengan tambahan investasi tersebut, kata Setyanto, Telkomsel dan Gojek akan membuka lebih banyak peluang sinergi, serta integrasi layanan digital untuk memberikan nilai tambah yang lebih besar kepada pelanggan, masyarakat dan seluruh mitra yang berada di ekosistem bisnis kedua perusahaan.

Dia menyebutkan, corporate action tersebut merupakan bagian dari strategi Telkomsel dalam memperkuat trifecta bisnis digital perusahaan, yaitu Digital Connectivity, Digital Platform dan Digital Services. "Sebagai digital telco company, kami terus melakukan pengembangan berkelanjutan yang melampaui kemampuan konektivitas, dengan terus mengembangkan industri digital di Indonesia melalui kontribusi keunggulan Telkomsel dan Gojek, baik dalam bidang keahlian maupun inovasi," paparnya.

Sementara itu, Co-CEO Gojek Group, Andre Soelistyo mengatakan, Gojek optimistis dan berkomitmen bahwa kemitraan dengan Telkomsel akan mendukung percepatan transformasi digital Indonesia yang akan memperkuat posisi sebagai pemimpin pasar ekonomi digital di Asia Tenggara.

"Kami bangga berkesempatan memperkuat momentum kemitraan strategis bersama Telkomsel sebagai pemimpin pasar telekomunikasi di Indonesia. Pendanaan lanjutan Telkomsel akan mengoptimalkan sumber daya dan keahlian teknologi dari masing-masing perusahaan untuk berinovasi dan memperluas manfaat ekonomi digital bagi lebih banyak konsumen, mitra driver dan pelaku UMKM," tutur Andre.

Selanjutnya, Telkomsel dan Gojek akan melengkapi sinergi yang telah dijalin dengan menjalankan lebih banyak upaya kolaboratif strategis yang mampu mengakselerasikan adopsi gaya hidup digital di tengah masyarakat. Selain itu, kedua perusahaan akan mendorong lebih banyak pelaku bisnis dalam memanfaatkan platform daring, hingga mengembangkan kualitas dan daya saing teknologi serta talenta digital Tanah Air.

Sementara itu, PT XL Axiata Tbk, penyedia layanan telekomunikasi terkemuka di Indonesia, bekerja sama dengan Kantar dan perusahaan perangkat lunak Medallia dalam mendorong strategi Customer & Employee Experience.

Kantar, yang merupakan mitra implementasi XL Axiata, memanfaatkan sistem manajemen umpan balik Medallia Enterprise untuk menangkap, menganalisis, dan menindaklanjuti umpan balik dari pelanggan serta mendukung karyawan dalam perjalanan penting mereka untuk menjadi organisasi yang terpusat pada pelanggan dengan kinerja tinggi. Melalui sistem ini, XL Axiata akan memprioritaskan tindakan berdasarkan masukan dari pelanggan dan karyawan dengan tujuan menjadi perusahaan telekomunikasi yang paling diminati di Indonesia pada tahun 2023.

Group Head Customer Value & Experience Management XL Axiata, Georgios Bourazanis, menyambut baik kerjasama dengan Kantar dan Medallia yang merupakan bagian dari implementasi agenda transformasi digital XL Axiata. “Kolaborasi ini merupakan salah satu upaya kami untuk dapat terus memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan. Medallia akan membantu menyediakan platform IT untuk program pengalaman karyawan dan pelanggan. Sementara Kantar akan memberikan dukungan kepada XL Axiata dalam mengimplementasikan platform IT tersebut serta memberikan konsultasi berdasarkan masukan dari pelanggan dan karyawan,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Kemitraan dengan XL Axiata membantu untuk mengidentifikasi, mengoptimalkan, dan mengaktifkan Tindakan serta titik sentuh dalam perjalanan pelanggan dan karyawan untuk mendorong loyalitas dan memastikan transformasi terbaik yang terpusat pada pelanggan dalam proses yang dilakukan XL Axiata. Pendekatan ini menghasilkan koneksi yang mulus antara pelanggan dan karyawan, serta cepat tanggap atas kekhawatiran yang mendesak dalam keadaan normal yang baru selagi beradaptasi dengan kebutuhan pelanggan yang berubah dengan cepat.

Irence Wee, Head of Channels Partner Ecosystem, Medallia APAC dan Nithi Kumar, Regional Head of Experience, Kantar APAC menambahkan, kemitraan kami dengan XL Axiata merupakan bukti atas kapabilitas Medallia dan Kantar dalam membantu perusahaan telekomunikasi di seluruh dunia untuk mengoptimalkan pengalaman di saluran digital dan pusat kontak. “Kami berharap untuk dapat bekerja sama dengan erat untuk memberikan pengalaman pelanggan dan karyawan yang luar biasa untuk XL Axiata,” jelasnya.

Keahlian Kantar dalam Customer & Employee Experience yang dikombinasikan dengan platform umpan balik Medallia akan menyorot kepada area peningkatan dari umpan balik pelanggan untuk XL Axiata. Program ini bertujuan untuk memperkuat tidak hanya hubungan pelanggan tetapi juga mengubah pengalaman karyawan.(*/tim redaksi 08 & 10/Safarudin/Indra)

Mari Simak Coverage Riset Data Spesifik Duniaindustri.com:

Market database
Manufacturing data
Market research data
Market leader data
Market investigation
Market observation
Market intelligence
Monitoring data
Market Survey/Company Survey
Multisource compilation data
Market domestic data
Market export data
Market impor data
Market directory database
Competitor profilling
Market distribution data
Company database/directory
Mapping competition trend
Profiling competitor strategy
Market data analysist
Historical data
Time series data
Tabulation data
Factory directory database
Market segmentation data
Market entry strategy analysist
Big data processor
Financial Modeling/Feasibility Study
Price trend analysist
Data business intelligence
Customized Direktori Database

* Butuh data spesifik atau riset pasar, total ada 224 database, klik di sini
** Butuh competitor intelligence, klik di sini
*** Butuh copywriter specialist, klik di sini
**** Butuh content provider (branding online), klik di sini
***** Butuh jasa medsos campaign, klik di sini

Database Riset Data Spesifik Lainnya:

  • Butuh data spesifik atau riset pasar, total ada 224 database, klik di sini
  • Butuh 25 Kumpulan Database Otomotif, klik di sini
  • Butuh 18 Kumpulan Riset Data Kelapa Sawit, klik di sini
  • Butuh 15 Kumpulan Data Semen dan Beton, klik di sini
  • Butuh 11 Kumpulan Riset Data Baja, klik di sini
  • Butuh 15 Kumpulan Data Transportasi dan Infrastruktur, klik di sini
  • Butuh 17 Kumpulan Data Makanan dan Minuman, klik di sini
  • Butuh 6 Kumpulan Market Analysis Industri Kimia, klik di sini
  • Butuh 3 Kumpulan Data Persaingan Pasar Kosmetik, klik di sini
  • Butuh competitor intelligence ataupun riset khusus (survei & observasi), klik di sini
  • Butuh copywriter specialist, klik di sini
  • Butuh content provider (online branding), klik di sini
  • Butuh market report dan market research, klik di sini
  • Butuh perusahaan konsultan marketing dan penjualan, klik di sini
  • Butuh menjaring konsumen korporasi dengan fitur customize direktori database perusahaan, klik di sini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar